Rabu, 27 Mei 2015

Apa itu Teknik Mesin?

Dewasa ini, banyak yang mulai tertarik dengan dunia mesin. Hal itu ditandai dengan bertambahnya peminat pada prodi teknik mesin dari tahun ketahun. Untuk lebih jelasnya mengenai teknik mesin, saya akan mengulasnya dipostingan saya kali ini.

Apa itu teknik mesin? Mungkin sebagian dari kita masih awam dengan kata 'Teknik Mesin', mungkin juga yang terbesit dipikiran kta adalah tentang membongkar dan memasang kembali mesin-mesin. Bagaimana dengan peluang kerjanya? Mungkin hanya di industri kecil yang berhubungan dengan benda tersebut. Pikiran seperti itu memang sudah umum, tapi sekarang mari kita hilangkan pikiran tersebut dan kita lihat apa sebenarnya teknik mesin itu.

Teknik mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu setelah adanya revolusi industri di Eropa pada abad ke-18. Kemudian pada abad ke-19 semakin berkembang lagi mengikuti perkembangan ilmu fisika. Ilmu teknik mesin pun semakin canggih, dan para insinyurnya sekarang mengembangkan diri di bagian komposit, mekatronika, dan nanoteknologi. Ilmu ini juga mempunyai hubungan dengan teknik penerbangan, teknik sipil, teknik listrik, teknik perminyakan, dan teknik kimia.

Teknik mesin atau Teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi. Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin), yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya. Teknik mesin biasanya terdiri dari : Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Konversi energi, dan Ilmu Bahan / Metalurgi.

Sementara dengan lulusannya. Sarjana teknik mesin dapat bekerja di bidang :

1. Perminyakan dan Pertambangan
2. Kontraktor (Rekayasa dan/atau Rancang Bangun
3. Konsultan
4. Industri Petrokimia
5. Industri Pembangkit Listrik
6. Industri Manufaktur
7. Industri Baja
8. Penerbangan
9. Industri Jasa
10. Staf Pengajar
11. Dan lain-lain

Cr : http://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_mesin
http://pujanggapiping.blogspot.com/2012/06/pekerjaan-untuk-lulusan-teknik-mesin.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar